Kenaikan Harga Rumah di Dunia Tembus Rekor dalam 20 Tahun Terakhir

Jakarta -Indeks pertumbuhan kenaikan harga rumah dunia tercatat mencapai rekor terbaru selama hampir 20 tahun terakhir. Tahun 2013 lalu, rata-rata pertumbuhan harga rumah dunia mencapai 8,4%.

Perusahaan Riset Properti dunia Knight Frank mencatat pertumbuhan harga rumah sebesar 8,4% tahun 2013 tersebut naik dibandingkan tahun 2012 yang hanya mencapai 4,6%, dan menunjukkan kenaikan indeks yang terbesar sejak 1995.


Data Knight Frank tersebut menunjukkan 39 negara mencatatkan rekor pertumbuhan positif setiap tahun, sedangkan di tahun 2012, hanya 27 negara yang menunjukkan tren tersebut.


Pertumbuhan harga rumah untuk kelas menengah ke bawah didominasi Eropa. Namun, rata-rata penurunan harga rumah yang melambat di negara seperti Spanyol, Perancis, dan Belanda.


Laporan tersebut menyebutkann, meningkatnya lapangan pekerjaan dan terus berlanjutnya pajak rendah di Eropa dan Amerika Serikat memberikan kepercyaan diri bagi para konsumen.


"Harga di Irlandia, Amerika Serikat dan Inggris rebound di 2013," jelas laporan tersebut dikutip dari worldpropertychannel, Minggu (16/3/2014).


"Kecepatan yang diukur stimulus telah dikembalikan (QE tapering), naik turunnya keadaan di Asia dan memanasnya isu politik di Ukraina bisa dikatakan kunci menentukan dari hasil indeks ini," lanjut pernyataan di laporan tersebut.


(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!