RI Punya Kereta Cepat Mirip Shinkansen, Wisatawan Bakal Makin Banyak

Jakarta -Rencana pemerintah menghadirkan kereta super cepat mirip Shinkansen untuk rute Jakarta-Surabaya diperkirakan bakal menarik banyak wisatawan mancanegara (wisman).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menyebutkan, kehadiran Shinkansen diperkirakan bakal menarik minat wisman datang ke Indonesia.


"Seharusnya bisa meningkat karena segala moda travel dan segala konektivitas yang nyaman dan terjangkau pasti akan meningkatkan wisman," kata Mari usai menghdiri acara Citi Indonesia Women Council Hari Perempuan Sedunia "Inspiring Women for Empowerment, Women and Micro-entrepreneurship," di Plaza Bapindo, Jakarta, Selasa (11/3/2014).


Dia menargetkan, kunjungan wisman ke dalam negeri akan terus meningkat seiring meningkatnya infrastruktur di Indonesia seperti perbaikan moda transportasi. Tahun ini, kunjungan wisman ditargetkan bisa mencapai 9,3-9,5 juta orang.


"Tahun ini target bisa 9,3-9,5 juta, tahun depan di atas 10 juta. Tahun 2025 bisa 25 juta, jangka panjang targetnya," ujarnya.


Mari mengungkapkan, dalam 5 tahun terakhir kunjungan wisman ke Indonesia terus meningkat. "Dalam 5 tahun terakhir wisnus dan wisman meningkat karena ada low cost carrier (maskapai penerbangan murah), dan membaiknya pelayanan kereta api, itu berdampak signifikan, ditambah kalau ada kereta super cepat," terang dia.


Meskipun telah terjadi bencana alam beberapa kali di Indonesia, namun minat wisman masih tetap tinggi.


"Januari angkanya masih bagus, kalau pun ada gangguan di Yogya dan Sinabung cuma sedikit. Kelud sudah dibuka lagi. Semoga tidak terlalu pengaruh," ujarnya.


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!