Mandiri Sekuritas: IHSG Bisa Tembus 5.100

Jakarta -Pasar saham AS ditutup menguat akhir pekan lalu, seiring membaiknya data ekonomi Paman Sam. Penguatan itu diapresiasi dengan kenaikan Dow Jones Industrial Avg sebesar +0,27% dan S&P500 sebesar +0,37%.

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dibuka menguat. Apresiasi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang sebesar +0,38% dan KOSPI Composite di Korea Selatan +0,01%.


Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas bergerak mixed. Harga minyak mentah WTI naik +0,67% ke US$102,02 per barel, sedangkan harga emas Comex terkoreksi -0,08% ke posisi US$1.293,40 per troy ounce.


Dari dalam negeri, dua pasang calon presiden dan wakil presiden yang diusung koalisi partai politik sedianya akan diumumkan siang ini. Salah satu pasangan yang akan dideklarasikan kabarnya sesuai dengan ekspektasi pasar, dan berpotensi membawa sentiment positif bagi pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG).


Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, IHSG berpotensi melanjutkan rally kenaikan dan menembus resistance terdekat di 5.111. Pada perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak dikisaran support 4.940 dan resistance 5.172.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!