100% Penduduk RI Harus Punya Rumah Layak di 2019, Sanggupkah Prabowo atau Jokowi?

Jakarta -Indonesia dalam 5 tahun ke depan membutuhkan dana infrastruktur Rp 5.400 triliun untuk membangun infrastruktur dasar. Jika itu terwujud maka pada 2019 seluruh rakyat Indonesia akan menikmati listrik dan memiliki rumah layak.

"Jika kebutuhan dana infrastruktur Rp 5.400 triliun dapat diwujudkan dalam 5 tahun berjalan, maka hal tersebut dapat mewujudkan 100% penduduk Indonesia dapat menikmati listrik," kata Deputi Menteri PPN/Bappenas Bidang Sarana dan Prasarana Dedy S. Priatna ditemui usai menghadiri Indonesian Gas Society (IGS) Hotel Kempinski, Rabu (25/6/2014).


Dedy mengungkapkan, tidak hanya itu, dengan terbangunnya infrastruktur dasar tersebut, pada 2019 sebanyak 100% penduduk Indonesia dapat menikmati air minum yang sehat.


"Saat ini kan baru 81% rakyat kita yang mendapatkan akses air munim yang bersih dan sehat, jadi masih ada 19% lagi, di mana tiap tahun targetnya harus nambah 3%, kalau begini-begini saja 2019 masih banyak rakyat Indonesia belum dapat menikmati air minum yang bersih," ungkapnya.


Dedy menambahkan, saat ini baru 80% penduduk Indonesia memiliki rumah sendiri, sisanya menumpang di rumah orang tua, 5%-10% ngontrak atau indekos.


"Amanat undang-undang 100% penduduk Indonesia harus memiliki rumah yang layak pada 2019, tapi akankah seperti itu? Karena tantangan yang begitu berat, anggaran negara hanya sanggup memenuhi kebutuhan investasi Rp 5.400 triliun itu hanya 22% saja, itu tergantung presiden terpilih," tutupnya.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!