Menunggu Kepastian Perpres untuk Penggenangan Waduk Jatigede

Bandung -Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menanti kepastian terbitnya perpres terkait dampak sosial pembangunan Waduk Jatigede yang masih mengganjal sebelum penggenangan dilakukan. Ia menyatakan, segera setelah perpres ditandatangani, seluruh kegiatan teknis di lapangan untuk penggenangan waduk akan dilakukan.

Hal itu disampaikan Heryawan usai Rakor Infrastruktur dan Ekonomi di Jabar bersama 6 menteri di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinatta, Bandung, Rabu (19/9/2014) malam.


Sebelumnya, Menter Koordinato Bidang Perekonomian Chiarul Tanjung menyatakan, Perpres terkait Jatigede akan segera diajukan untuk ditandatangani dalam rapat kabinet.


"Jatigede Insya Allah selesai. Perpres mudah-mudahan besok sudah masuk persetujuan di sidang kabinet. Kalau perpres selesai berarti penggenangan bisa ada kepastian," ujar Heryawan.


Ia mengatakan dengan ditandatanganinnya perpres maka penganggaran untuk penggantian ganti rugi menjadi jelas.


"Uang ganti rugi atau uang pindah bisa dianggarkan. Tanpa ada perpres, anggaran tidak akan muncul," katanya.


Namun Heryawan belum bisa memastikan, anggaran untuk uang pengganti warga yang terkena dampak Jatigede tersebut akan dimasukkan di perubahan 2014 atau di APBN 2015.Next


(tya/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!