SBY Resmikan Bandara Mal Pertama RI Pada 15 September

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meresmikan Bandar Udara (Bandara) baru di Balikpapan, Kalimantan Timur pada 15 September mendatang.

Saat ini bandara tersebut masih disebut New Sepinggan. Bandara ini jadi bandara pertama dengan mal di Indonesia. Pengembangan bandara ini memakan dana Rp 2,1 triliun.


Menko Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan, SBY bakal meresmikan nama baru untuk bandara ini. Rencananya, bandara ini akan diubah namanya menjadi nama pahlawan di daerah setempat.


"Saya lupa namanya, soalnya panjang. Pokoknya pahlawan di Kalimantan," ungkap CT di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (9/9/2014)


CT mengaku, pemerintah daerah telah memaparkan alasan pergantian nama bandara Sepinggan. Menurutnya itu adalah hal yang wajar terjadi.


"Karena wajar saja mereka. Ingin mengabadikan pahlawan dari Kaltim sebagai nama dari bandara," ujar CT.


Seperti diketahui, PT Angkasa Pura I membangun ulang terminal Bandara Sepinggan selama periode 2012-2013 untuk gedung empat lantai dengan luasan hingga 110.000 meter persegi.


Bandara ini juga akan dilengkapi berbagai fasilitas. Seperti 11 unit garbarata, 74 check ini counter dan 8 unit ban berjalan (conveyor belt).


Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk pernah mengatakan, bandara ini rencananya akan berganti nama menjadi Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman.


Aji Muhammad Sulaiman merupakan Sultan Kutai Kartanegara ke-18 yang memerintah dari tahun 1845 sampai 1899.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!