Ini 4 Alasan SBY Pilih Agus Marto Jadi Gubernur BI

Jakarta - Staf Khusus Presiden SBY bidang ekonomi, Firmanzah mengungkapkan alasan SBY menunjuk Menteri Keuangan Agus Martowardojo menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Darmin Nasution.

Dijelaskan Firmanzah, Menteri Keuangan Agus Martowardojo telah memiliki pengalaman yang lebih lengkap. Berbeda ketika saat dirinya ditolak DPR saat diajukan pada tahun 2008.


"Agus Martowardojo telah memiliki pengalaman yang lebih lengkap dibandingkan dengan ketika dicalonkan menjadi Gubernur BI, karena sekarang menjabat Menkeu dan dianggap mumpuni," jelas Firmanzah dalam penjelasannya seperti dikutip detikFinance, Senin (25/2/2013).


Firmanzah membeberkan 4 alasan Presiden ajukan Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur BI. Pertama, menurutnya Agus Martowardojo memiliki pengalaman yang baik dibidang keuangan dan perbankan.


Kemudian, lanjut Firmanzah yang kedua yakni Agus Martowardojo dinilai berhasil mengawal fiskal. "Di bawah Agus diharapkan sektor moneter akan lebih berhubungan dengan kebijakan fiskal dan sektor riil," jelasnya.


Alasan ketiga yakni, Agus Martowardojo dianggap mampu bekerjasama dengan baik lembaga di luar Kementerian Keuangan, termasuk dengan anggota Forum Stabilitas Sistem Keuangan, yakni Lembaga Penjamin Simpanan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan BI.


"Keempat, Agus Martowardojo terbukti memiliki profesionalisme, kredibilitas dan integrasi yang baik dan tidak perlu diragukan," jelasnya.


Lebih jauh Firmanzah menyampaikan, keputusan Presiden ini dilakukan setelah berkonsultasi dengan Wapres Boediono dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.


(dru/dnl)