Mari Pangestu Keliling Washington, Paris Hingga Moskow Demi Jadi Bos WTO

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu masuk sebagai calon pimpinan tertinggi atau Direktur Jenderal World Trade Organization (WTO). Mari pun mengunjung beberapa negara WTO untuk mengumpulkan dukungan.

Dikutip dari siaran pers Kemenparekraf, Senin (25/2/2013), dalam beberapa pekan terakhir, Mari telah melakukan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pencalonannya sebagai Dirjen WTO.


Selain menyampaikan visi dan misinya pada kesempatan pertemuan General Council di Jenewa beberapa waktu lalu, Mari Pangestu juga telah bertemu dengan perwakilan WTO dari sejumlah negara dan mengunjungi beberapa kota seperti Washington DC, Beijing, dan Brussels.


Terakhir, Mari juga mengunjungi Moskow dan Paris. Dalam kunjungannya ke Moskow, Mari bertemu dengan Deputi Menteri Luar Negeri Ivanovich Denisov. Selain itu Mari Pangestu juga bertemu dengan sejumlah tokoh penting diantaranya Dr Victor Sumsky dari MGIMO dan Dr Yaroslav Lisovolik.


Dalam pertemuan tersebut, dibahas mengenai pentingnya peran perdagangan bagi pertumbuhan perekonomian dan penyediaan lapangan kerja, serta masa depan dari sistem perdagangan multilateral di bawah World Trade Organization (WTO), yang masa tugas Direktur Jenderalnya akan berakhir pada 31 Agustus 2013.


Sementara di Paris, Mari bertemu dengan Menteri Perdagangan Internasional Nicole Bricq, Menteri Kesenian, Perdagangan dan Pariwisata Mme Sylvia Pinel, dan Sekretaris Jendral Kementerian Luar Negeri Pierre Sellal.


Kedua belah pihak juga mengemukakan pentingnya untuk memiliki komitmen terhadap sistem perdagangan di tingkat global yang menjadi tujuan dibentuknya WTO. Mari Pangestu yang menjabat Menteri Perdagangan pada Oktober 2004-Oktober 2011 meyakini bahwa sistem perdagangan multilateral adalah solusi terhadap masalah perekonomian global.


"Banyak persoalan perdagangan yang hanya bisa diselesaikan secara multilateral. Sistem perdagangan multilateral menjamin kepastian dan transparansi," ujar Mari dalam siaran pers tersebut.


Selain Mari, delapan kandidat Kepala WTO yang lain adalah Alan John Kwadwo Kyerematen (mantan Menteri Perdagangan Ghana), Anabel Gonzalez (Menteri Perdagangan Luar Negeri Costa Rica), Tim Groser (Menteri Perdagangan Selandia Baru), dan duta besar Ghana Amina Mohamed.


Kandidat kuat lainnya adalah Ahmad Thougan Hindawi (mantan Menteri Industri dan Perdagangan Yordania), Hermino Blanco Mendoza (Menteri Industri dan Perdagangan Meksiko), Taeho Bark (Menteri Perdagangan Republik Korea), dan Duta Besar Brazil Roberto Carvalho de Azevedo.


(dnl/hen)