RI Tawarkan 3 Proyek Tol Ini Kepada Investor di 2013

Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) siap melakukan penawaran atau market sounding untuk 3 ruas proyek jalan tol yang tersebar di Indonesia pada tahun ini.

Kepala Sub Direktorat Infratruktur Transportasi Darat, Jalan dan Jembatan BKPM Dendy Apriandi mengatakan, penawaran 3 ruas tol itu merupakan bagian dari 15 proyek infrastruktur yang ditawarkan oleh BKPM melalui pembiayaan Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) di tahun ini.


Pengembangan ruas tol yang ditawarkan tersebut antara lain adalah ruas Pandaan-Malang di Jawa Timur sepanjang 38,5 kilometer dengan nilai proyek US$ 420 juta atau Rp 3,9 triliun.


"Manado-Bitung Trace juga ditawarkan sepanjang 31,8 kilometer dengan nilai US$ 353 juta (Rp 3,3 triliun)," tutur Dendy di Restoran Rari Kurin Kompleks, SCBD, Jakarta, Senin (25/2/2013).


Dendy menjelaskan, pembebasan lahan untuk proyek ruas tol Pandaan-Malang telah mencapai 10%. Hal itu dilakukan sebelum investor masuk dalam pengerjaan ruas tol.


"Itu kita coba, pemebesan lahan baru 10% Pandaan-Malang. Manado-Bitung belum sama sekali karena tanggungjawab pengadaan ada di daerah," tambahnya.


Pengembangan ruas terakhir yang masuk dalam rencana market sounding 2013 adalah ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).


Pada kesempatan itu, Dendy mengatakan pihak BKPM juga bertanggung jawab terhadap pengembangan proyek tol Medan-Kuala Namu sebagai jalur akses tol baru di Sumatera Utara. Jalan tol ini dikatakan Dendy masih terkendala pembebasan lahan.


"Ada kendala pengadaan lahan, progress 60% untuk Medan-Kuala Namu," cetusnya.


(feb/dnl)