Citilink dan Wings Air Sudah Tertarik Pakai Pesawat R80

Jakarta - Walau baru dalam tahap desain awal, Regio Prop 80 (R-80) pesawat buatan anak negeri, sudah diminati beberapa airlines diantaranya Citilink dan Wings Air.

"Kita rencanakan memproduksi dua pesawat R80 dahulu untuk Citilink dan Wings Air," kata Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI) perusahaan yang memproduksi pesawat R-80, Ihlam A.Habibie, ketika ditemui detikFinance di kantornya Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, seperti dikutip Senin (18/3/2013).


Dikatakan Ilham pihaknya juga sudah berbicara dengan Dirut PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) Emirsyah Satar, dan sangat disambut baik.


"Saya sudah bicara dengan Pak Emir, dan disambut baik, sangat mendukung jika ada pesawat buatan dalam negeri bisa dipakai Airlines yang beroperasi saat ini di Indonesia salah satunya Citilink," ucapnya.


Ilham juga sudah melakukan pembicaraan dengan Merpati Nusantara Airlines. "Kami juga saat ini mulai diskusi dengan Merpati dan sudah ada ketertarikan," ujarnya.


Untuk itu saat ini pihaknya kata Ilham akan fokus menyelesaikan desain awal, pasalnya jika desain awal sudah terbentuk, proyek pembuatan pesawat sudah bisa ditawarkan ke pelanggan.


"Misalnya ke Citilink, kita sudah bisa tawarkan begini desainnya, performance-nya seperti ini, kalau dipesan saat ini datangnya kapan, ada garansinya jika tidak tepat waktu. Dan ditargetkan pada 2018 R80 sudah bisa terbang," tandasnya.


(rrd/ang)