Mampu Jawab Pertanyaan, Dahlan Berikan Hadiah Rp 1 Juta ke Mahasiswa

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan, hari ini menjadi dosen tamu pada kuliah umum di Universitas Islam Negara (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat memperoleh kesempatan berbicara, Dahlan membuka acara dengan berdiri bebas di depan ratusan mahasiswa, mahasiswi dan dosen UIN yang hadir.

Saat sedang berbicara, Dahlan menyebut tentang masa depan ekonomi Indonesia dan pendapatan per kapita 10 tahun ke depan. Mahasiswa yang hadir di ruang seminar, rata-rata telah berusia 29 tahun hingga 30 tahun.


Ia mengklaim, ekonomi Indonesia akan masuk ke urutan 10 besar dunia dan pendapatan per kapita tembus US$ 10.000. Namun kemudian, tak berhenti disitu, Dahlan membuat kejutan. Dia menanyakan pendapatan per kapita Indonesia saat ini, bahkan berjanji memberi hadiah Rp 1 juta bagi mahasiswa yang bisa menjawab dengan benar.


"Berapa pendapatan per kapita Indonesia saat ini. Saya kasih Rp 1 juta. Bukan dari uang negara, tapi uang saya pribadi. Bukan dosen tapi mahasiswa," tutur Dahlan di depan ratusan mahasiwa dan dosen UIN Jakarta, Tangerang Selatan, Senin (18/3/2013).


Pertanyaan yang diajukan ini, langsung disambut sumringah oleh para mahasiwa. Langsung tampak, seorang mahasiwa bernama Mubaroq dari Fakultas Dakwa percaya diri maju ke mimbar. Ia menyebut pendapatan per kapita Indonesia saat ini, telah tembus US$ 3.500. Dahlan pun langsung merespon jawaban sang mahasiswa.


"Betul. Kamu kok tahu, mahasiswa fakultas Dakwah, tahu pendapatan per kapita. Mungkin doanya kuat," kata Dahlan.


Tak berapa lama, anak buah mantan bos PLN ini langsung menghampiri Dahlan untuk memberikan uang Rp 1 juta kepada sang mahasiswa. Hal ini langsung disamput tepuk tangan dari semua peserta kuliah yang hadir.


(feb/dru)