MenPAN: Semua Orang Berhak Kaya, Termasuk PNS

Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) Azwar Abubakar mengungkapkan besarnya gaji yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) bukan jaminan bagi seorang pegawai tidak korupsi.

Tetapi bukan berarti semua PNS yang kaya pasti korupsi. Menurut Azwar, bisa saja dia mendapat warisan dari orang tuanya, atau mempunyai suami/isteri yang kaya, atau mungkin karena dia punya usaha lain.


"Semua orang berhak untuk kaya, termasuk PNS," kata Azwar seperti dikutip detikFinance dari situs resminya, Selasa (19/3/2013).


Tetapi, Azwar menekankan, PNS yang memiliki kekayaan cukup besar harus dapat menjelaskan dari mana sumber kekayaannya. Karena itu, setiap pegawai harus melaporkan harta kekayaannya kepada KPK, melalui Inspektorat di instansinya masing-masing.


"Kalau ada PNS yang kekayaannya tidak wajar, masyarakat boleh curiga, dari mana sumbernya. Jangan sampai PNS memupuk kekayaan dengan menyalahgunakan wewenangnya," tambah Azwar.


Dikatakan Azwar, menjadi PNS itu sebuah pilihan. Ibarat memancing di aquarium, jumlah dan besar ikannya sudah jelas.


"Jika ingin mendapatkan ikan Paus, jangan memancing di aquarium, tetapi di Lautan karena di sanalah letak ikan-ikan besar. Kalau mau kaya sebaiknya tidak menjadi PNS, tetapi menjadi pengusaha, atau pedagang karena disanalah 90% perputaran rezeki terjadi," tutup Azwar mengibaratkan.


Seperti diketahui, pemerintah terus memanjakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan meningkatkan kesejahteraannya. Selain kenaikan gaji yang menyesuaikan inflasi, pemerintah juga melakukan perbaikan struktur penggajian dan pemberian tunjangan berbasis kinerja.


(dru/ang)