Pasca Dimarahi Presiden Soal Bawang, Ini Langkah Kementan dan Kemendag

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memarahi menteri-menteri terkait gejolak harga bawang merah dan bawang putih dan meminta segera diselesaikan. Ini dia janji Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.

"Sebanyak 40 kontainer dari 332 kontainer bermuatan bawang putih sudah kita beri izin untuk bisa dilepas ke pasar, hari ini harga bawang putih sudah turun dibeberapa pasar tradisional," kata Menteri Perdagangan Gita Wirjawan kepada wartawan di kantornya, Senin (18/3/2013).


Ditempat yang sama Menteri Pertanian Suswono mengatakan namun 40 kontainer bawang putih tersebut terlebih dahulu harus melalui pemeriksaan Badan Karantina.


"Oleh Badan Karantina diperiksa kembali di laboraturium agar jangan sampai ditemukan bakteri atau virus yang berbahaya bagi manusia dan hortikultura di Indonesia," ucap Suswono.


Menghindari masalah ini terulang kembali kata Suswono Kementerian Pertanian dan Perdagangann mengusulkan kepada Menteri Koordinator Perekonomian agar perizinan importasi produk hortikultura hanya satu pintu dan hanya satu surat.


"Yang jadi masalah saat ini kan, ada 3.300 dokumen surat yang harus ditandatangani untuk satu produk, satu surat, satu perusahaan. Kedepannya kita ingin agar ini dilakukan satu pintu saja satu surat, untuk produk hortikultura untuk satu perusahaan, jadi lebih sederhana," terang Suswono.


(rrd/dru)