Mau Rp 500.000 dari PT KAI? Temukan dan Laporkan Dulu Calo Tiket..

Jakarta - PT KAI (Persero) tidak main-main untuk memberantas praktik percaloan penjualan tiket kereta api. Humas PT KAI (persero) Mateta Rizalulhaq menuturkan siap memberikan reward alias hadiah bagi masyarakat umum yang menemukan praktik percaloan penjualan tiket.

"Masyarakat diimbau untuk melaporkan adanya praktik percaloan. PT KAI akan memberikan hadiah sebesar Rp 500 ribu jika melaporkan dan terbukti adanya praktik percaloan itu," ujar Mateta saat berdiskusi dengan media di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (14/05/2013).


Namun demikian, masyarakat sulit diajak untuk kerjasama dalam memberantas praktik percaloan tiket. "Masyarakat agak kesulitan diajak kerjasama dan nggak mau buat saksi," katanya.


Ia juga mengungkap bakal menindak tegas oknum PT KAI yang melakukan kegiatan percaloan. Hukuman pemecatan langsung diberikan apabila terbukti petugas PT KAI melakukan kegiatan percaloan. Ia berharap agar tindakan percaloan bisa diminimalisir dengan sistem online trading ticket yang ditetapkan PT KAI.


"Langsung pecat. Selama tahun 2012 tidak ada pegawai yang kena namun tahun 2011 itu ada 1 orang. Umumnya yang berlaku calo itu bukan pegawai. Mudah-mudahan dengan sistem yang ada bisa lebih baik yaitu dengan mekanisme online serta boarding pass. Ini arahnya untuk meminimalisir kegiatan percaloan," tandasnya.


(wij/dru)