Rencana PLN Bangun Tower Setinggi Menara Eiffel Bakal Molor

Jakarta - Proyek PLN untuk membangun SUTET (saluran udara tegangan tinggi) 376 meter atau setinggi Menara Eiffel yang menghubungkan Jawa-Bali terancam molor. Apa penyebabnya?

Direktur Konstruksi PT PLN (Persero) Narsi Sebayang menyalahkan kontraktor. Karena itu proyek tegangan tinggi arus bolak-balik (high voltage alternating current/HVAC) ini harus kembali ditender ulang.


"Ya karena kontraktornya, yah sudahlah, kita ganti semua, kita tender ulang dari awal lagi," kata Nasri ketika ditemui di Hotel Dharmawangsa usai pelantikan pengurus Asosiasi Tenaga Air Indonesia (ATAINDO), Jakarta, Senin (13/5/2013).


Dikatakan Nasri, proyek bernilai Rp 500 miliar yang akan menghubungkan kabel sepanjang 5 kilometer dari Paiton-Banyuwangi-Gilimanuk-New Kapal. "Jadi dari Jawa ke Bali akan terhubung kabel listrik sepanjang 5 kilometer," ungkapnya.


Untuk menghubungkan kabel tersebut, akan dibangun dua menara setinggi Eiffel masing-masing di Jawa dan Bali. "Tingginya mencapai 376 meter. Dengan mengoperasikan transmisi 150 KV, jika beroperasi penuh bisa memasok lisrik sebesar 1.800 mega watt," tandasnya.


Proyek ini awalnya ditargetkan September 2012 sudah masuk masa konstruksi dan selesai pada 2015.


(rrd/dnl)