Sutet Putus, 8 Kabupaten di Jateng Sempat Tak Teraliri Listrik

Purwokerto - Akibat putusnya jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di jalur Wonosobo-Ungaran, Jawa Tengah (Jateng) menyebabkan 8 Kabupaten di wilayah Jateng Selatan mengalami pemadaman.

Delapan Kabupaten yang mengalami pemadaman selama dua jam sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB diantaranya adalah Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Purworejo dan Tegal.


"Jaringan transmisi Sutet di jalur Wonosobo-Ungaran terputus sehingga suplai ke gardu induk terhenti," kata Humas PLN Area Pelayanan Jaringan (APJ) Purwokerto, Djumeno kepada wartawan, Senin (13/5/2013).


Menurut dia, pemadaman listrik tersebut bukan karena pemadaman yang direncanakan namun akibat putusnya jaringan transmisi di jalur Wonosobo-Ungaran sehingga pasokan listrik untuk enam gardu listrik pembangkit di wilayah UPJ Purwokerto sempat terhenti.


"Keenam gardu tersebut berada di Banjarnegara, Wonosobo, Dieng, Rawalo, Purbalingga, Purwokerto," jelasnya.


Dari pantauan detikFinance, sebelumnya listrik sempat menyala selama lima jam sejak pukul 12.00 WIB, namun pada pukul 17.00 WIB pemadaman kembali terjadi di Kota Purwokerto.


Akibatnya kota Purwokerto dan sekitarnya gelap gulita. Aparat kepolisian dari Satlantas Polres Banyumas tampak mengatur arus lalu lintas di sejumlah titik perempatan di kota Purwokerto akibat tidak menyalanya lampu merah akibat pemadaman listrik.


(arb/hen)