Sebentar Lagi Meluncur Kereta Khusus Pengangkut Sapi Buatan PT KAI

Jakarta - Kereta khusus pengangkut sapi sudah disiapkan oleh PT KAI (Persero). Kereta ini memang sudah lama ditunggu-tunggu oleh Kementerian Pertanian dalam rangka distribusi sapi hidup dari sentra sapi.

Kepala Humas PT KAI (Persero) Mateta Rizalulhaq memastikan hal itu, untuk tahap selanjutnya menunggu MoU dengan Kementerian Pertanian.


"Kita sudah siap tinggal memasang pendingin saja di setiap gerbong. Namun kita siapkan dahulu perjanjian-perjanjian terkait MoU dengan Kementerian Pertanian. Satu rangkaian berisi 20 gerbong dan sedang diproses," ujar Mateta saat berdiskusi dengan media di Hotel Borobuddur Jakarta, Selasa (14/05/2013).


Mateta menjelaskan bahwa kereta khusus pengangkut sapi murni buatan PT KAI (Persero) bukan PT Inka (Persero). "Yang membuat murni PT KAI," imbuhnya.


MoU yang sedang disiapkan dan menjadi perdebatan dengan Kementerian Pertanian terkait rute dan tarif. Mateta menjelaskan bahwa kedua hal ini harus diperhitungkan secara matang agar tidak merugikan kedua belah pihak.


"20 gerbong itu nantinya dibagikan ke mana saja. Rutenya juga sedang kita pikirkan. Untuk gerbong pengangkutan daging ini tidak boleh menyambung ke kereta penumpang. Secara detail masalah MoU ada di peta dan tarif. Kita lihat perhitungan tarifnya apakah nanti bisa diisinya gerbong-gerbong itu dengan yang lain setelah sampai di Jakarta atau kosong. Sama sepertinya Lebaran saja perhitungannya. Musim mudik kereta dari Jakarta ke daerah tujuan penuh sedangkan sebaliknya kan kosong. Ini yang kita hitung," jelasnya.


(wij/hen)