Jalur Ganda Kereta Api Jakarta-Surabaya Rampung Akhir Tahun Ini

Jakarta - Pemerintah menargetkan jalur ganda kereta api Jakarta-Surabaya rampung akhir tahun ini, kini konstruksinya sudah 80%. Rencananya 20% pengendara angkutan darat akan berpindah ke kereta api jika jalur ganda ini sudah beroperasi.

"Jakarta Surabaya kita targetkan selesai 31 Desember 2013, akhir tahun ini," kata Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono saat ditemui di acara ramah tamah dan acara Buka Puasa Bersama Kementerian Perhubungan, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (23/7/2013).


Ia mengatakan, angka 20% tersebut didapat dari survei yang telah dilakukan terhadap 12 ribu rumah tangga. Jika ada angka yang cukup signifikan dari perpindahan transportasi tersebut, hampir dapat dipastikan, kecelakaan yang terjadi di darat dapat dikurangi.


"Saya kira kalau ada rangkaian kereta api yang cukup orang akan pindah ke kereta api. Survei dilakukan ke 12 ribu rumah tangga dan kecenderungannya naik kereta api," katanya.


Jika pada saat musim mudik Lebaran, pergerakan pemudik bisa sangat signifikan akan berpindah ke kereta api. Mengingat tujuan pemudik didominasi wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jika jalur ganda telah selesai, menurut Bambang pergerakan penumpang kereta akan meningkat 2-3 kali lipat.


Bambang mengungkapkan, Jalur Ganda Jakarta Semarang yang saat ini masih terkendala pembebasan lahan di sejumlah kawasan khususnya daerah Cirebon-Brebes.


"Jakarta semarang justru kita targetnya operasikan full Lebaran ini. Ternyata karena beberapa ruas terkendala pembebasan lahan, jadi terhambat. Tapi kira-kira Oktober ini sudah selesai," katanya.


Bambang mengungkapkan, keseluruhan total investasi yang dikeluarkan untuk membangun perlintasan kereta api jaluir ganda tersebut sebesar Rp 9,7 triliun.


(zul/hen)