Redenominasi, Simbol Kesuksesan Redam Inflasi

Jakarta - Pemerintah menilai saat ini merupakan momentum yang tepat untuk menyederhanakan digit mata uang, atau kebijakan redenominasi. Kebijakan ini memang pas diterapkan kala inflasi rendah, sehingga tidak memicu gejolak yang berlebihan.

Dalam naskah akademik RUU Perubahan Harga Rupiah, yang dikutip detikFinance, Senin (22/7/2013), pemerintah menceritakan pengalaman negara-negara yang melaksanakan redenominasi. Salah satunya Rumania, yang pada 2005 menerapkan langkah tersebut sebagai tanda berakhirnya masa inflasi tinggi.


Hal ini juga ditempuh untuk memuluskan jalan negara tersebut untuk mendapatkan keanggotaan di Uni Eropa.


Berdasarkan kasus di beberapa negara, pemerintah menilai kebijakan redenominasi biasanya dilakukan pada akhir periode stabilisasi ekonomi sebagai pertanda bagi masyarakat atas berakhirnya masa-masa inflasi tinggi.


"Redenominasi merupakan kebijakan simbolis untuk menyesuaikan ekspektasi inflasi," tulis naskah akademik tersebut.


Kebijakan redenominasi juga dapat dilakukan sebagai bagian untuk mempertahankan inflasi tetap rendah karena nominal mata uang yang kecil dapat meningkatkan kepercayaan bahwa periode inflasi seperti yang terjadi di masa lalu tidak akan terulang.


Picu Inflasi Jangka Pendek


Meski dinilai sebagai kebijakan yang menandakan berakhirnya era inflasi tinggi, penyesuaian nominal mata uang alias redenominasi dapat menyebabkan tekanan harga dalam jangka pendek. Untuk mengatasinya, perlu sosialisasi mendalam serta memastikan kecukupan pasokan barang dan jasa.


Kebijakan redenominasi dapat memicu inflasi jangka pendek akibat adanya perubahan dalam sistem ekonomi secara keseluruhan. Perubahan ini menyebabkan ketidakpastian yang memicu keluarnya arus modal serta sikap wait and see dari investor.


Untuk mengatasi hal ini, perlu sosialisasi informasi secara komprehensif. Selain itu, dibutuhkan juga kerja nyata untuk menjaga kecukupan pasokan seperti dengan meningkatkan produksi serta meningkatkan kelancaran arus distribusi.


(hds/dru)