Stabilisasi Harga, Bulog Datangkan 160 Ton Daging Sapi dari Luar Negeri

Jakarta - Perum Bulog dalam satu pekan ke depan akan mendatangkan daging sapi impor beku sebanyak 160 ton. Ini diharapkan, bisa menstabilkan harga daging hingga Rp 75 ribu/ kg. Diketahui, sebelumnya Bulog telah impor 40 ton daging.

"Kita kan terus impor, sampai sekarang kan sudah 40 ton. Sampi akhir minggu depan itu totalnya sudah 200 ton," kata Direktur Utama Bulog Sutarto Alimoesso di Cianjur, Jawa Barat, Minggu (21/7/2013)


Ia menjelaskan, sekitar 100 ton daging akan datang melalui pelabuhan Tanjung priok. Kemudian sisanya akan datang melalui Bandara Soekarno Hatta.


"Minggu ini lebih 100 ton mau dateng dari Tanjung Priok karena pakai kapal laut kan. Itu sudah terjadwal. Cengkareng sudah masuk," jelasnya.


Bulog diberikan kuota daging impor sebanyak 3.000 ton. Targetnya, semua daging impor akan masuk hingga Desember 2013. Ia belum memastikan untuk meminta tambahan kuota.


"Target sampai Desember. Nanti kita lihat," jawabnya.


Saat ini, operasi pasar hanya terjadi di kawasan DKI Jakarta dan sekitar. Kedepan, Sutarto mengaku ada kemungkinan kedepan akan disalurkan ke daerah lainnya, seperti Jawa Barat.


"Kalau Jabar memerlukan bisa masuk," ungkapnya.


(dru/dru)