Masuk Jajaran Fortune 500, Pertamina Incar Posisi 50 Besar

Jakarta - PT Pertamina (Persero) berada dalam peringkat ke-122 perusahaan terbaik di dunia versi majalah Fortune 500. Pertamina sendiri menargetkan bisa masuk ke dalam 50 besar dalam beberapa tahun ke depan.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di acara Syukuran PT Pertamina bersama 5.000 anak yatim di JIEXPO Kemayoran Jakarta, Minggu (21/7/2013).


"Masih banyak pekerjaan rumah kami, target dari direksi masuk ke 50 besar," kata Karen dalam sambutannya di depan Presiden SBY.


Dikatakan Karen, prestasi Pertamina berada di peringkat ke 122 versi majalah Fortune 500 tahun ini merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa. Tak hanya bagi Pertamina sendiri, namun untuk seluruh rakyat Indonesia. Menurut Karen, ini bisa menjadi titik tolak Pertamina untuk semakin mengukir prestasi di tingkat dunia.


"Sebuah langkah awal yang baik untuk terus menugkir prestasi di elit dunia," katanya.


Hal tersebut, lanjut Karen, tidak terlepas dari kontribusi dan peningkatan kinerja dari para pemangku kepentingan. Tak hanya di dalam koridor perseroan, namum juga pemangku kepentingan lain seperti para menteri dan pejabat pemerintahan, juga rakyat Indonesia.


"Sejak tahun 1957 lalu, generasi demi generasi telah mengukir prestasi yang tidak sedikit berkontribusi terhadap prestasi ini. Juga para pemangku kepentingan, kementerian dan stakeholders. Kami bersyukur dan berterima kasih," tutup Karen.


Bentuk syukur yang dilakukan Pertamina atas prestasi tersebut ialah dengan mangadakan syukurna dan buka puasa bersama 5.000 anak yatim. Hal ini merupakan insiasi dari Menteri BUMN Dahlan Iskan. Acara yang digelar di JIEXPO Kemayoran ini dihadiri pula oleh Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II dan pejabat lainnya.


(zul/dru)