Sudah Berjalan 68 Tahun, Kok Masih Ada yang Belum Dapat Listrik?

Jakarta - Masyarakat Indonesia tepat pada hari ini memperingati hari listrik nasional ke-68. Artinya sudah selama 68 tahun pemerintah mengelola listrik yang menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat.

Tapi kok masih banyak rumah yang belum mendapatkan listrik?


Direktur Utama PT PLN persero Nur Pamudji mengatakan selama 68 tahun, sudah banyak sekali capaian soal listrik. Walaupun, Ia mengakui belum 100%. Sehingga masih ada daerah yang tidak mendapatkan aliran listrik.


"Memang belum 100%, karena banyak yang harus diselesaikan," ungkapnya pada peringatan hari listrik nasional di kantor PLN Distribusi Jabodetabek, Gambir, Jakarta, Minggu (27/10/2013).


Ia menuturkan, beberapa capaian yang terlihat seperti kapasitas listrik yang terus bertambah. Tahun 2009 hanya tercatat 30.000 mw, namun tahun 2013 sudah tercapai 46.000 mw.


"Kita ada progres yang luar biasa. Tahun 2009 ada 30.000 mw, sekarang tahun 2013 ada 46.000 mw. Dalam waktu 4 tahun bertambah lebih dari 50%," ujarnya.


Sementara itu untuk rasio elektrifikasi juga telah ada peningkatan tajam. Artinya dari waktu ke waktu banyak rumah yang sudah teraliri listrik.


"Kemudian rasio eletrifikasi meningkat luar biasa. Sekarang 70%. 10 tahun lala itu cuma 58%," sebutnya.


Untuk langkah efisiensi juga selalu diupayakan oleh perusahaan pelat merah ini. Misalnya dengan mengganti penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Bahan Bakar Gas (BBG).


"Penggunaan BBM itu menurun drastis. Sekarang 12%, tahun depan ditargetkan 9%. Jadi sudah ada capaian-capaian," kata Nur.


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!