Ini Dia Saham-saham yang Bakal Kinclong di Tahun Pemilu

Jakarta -Investasi saham dinilai sebagai salah satu jenis instrumen investasi yang tidak berdampak signifikan terhadap keriuhan pesta demokrasi 5 tahunan yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden.

Kepala Riset Mandiri Sekuritas John Rachmat mengatakan, ada beberapa sektor yang bakal kinclong di tahun ini di antaranya perkebunan, konsumer, perbankan, properti, dan konstruksi.


"Ada sektor-sektor yang justru bagus di tahun ini perkebunan misalnya, konsumer. Selain itu ada juga potensi untuk perbankan, properti, dan konstruksi," kata John saat acara Mandiri Sekuritas Group Investor Forum 2014 dengan tema 'Strategi Investasi di Tahun Politik' di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Senin (24/2/2014).


Dia menjelaskan, sektor perkebunan dinilai tidak terlalu berpengaruh terhadap makro ekonomi Indonesia. Apalagi, suplai berkurang sementara permintaan banyak sehingga menyebabkan harga CPO ikut terkerek.


Ditambah, sektor perkebunan khususnya kelapa sawit sangat tergantung pada produksi dan permintaan. Saat ini, pohon sawit yang usianya mencapai 4 tahun jumlahnya jauh lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya.


Di tahun 2012, jumlahnya mencapai 880 ribu hektar sementara di tahun 2013 angkanya mencapai 550 ribu hektar dan di tahun ini, jumlahnya diperkirakan terus menyusut menjadi hanya 137 ribu hektar.


"Suplai lebih kecil daripada permintaan jadi harga bisa naik," katanya.Next


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!