Jadi Calon Tunggal Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Jalani Tes di DPR

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memilih Mirza Adityaswara untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) dihadapan Komisi XI DPR RI. Mirza merupakan calon tunggal yang diajukan presiden.

Proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) rencananya digelar pukul 10.30 WIB di Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Senin (9/6/2014).


Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis mengatakan, sesuai surat yang diterima dari presiden beberapa waktu lalu, hanya ada satu calon yang diajukan sebagai DGS BI.


"Hari ini kita fit and proper test Pak Mirza sebagai calon tunggal DGS BI," ungkap Harry sebelum agenda dimulai.


Ada tiga poin yang akan diuji nantinya. Pertama adalah rekam jejak (track record) calon dalam jabatannya. Kedua adalah kompetensi, dan ketiga yaitu visi-misi.


Harry menambahkan, dalam fit and proper test, DPR juga memiliki kewenangan untuk menolak calon. Keputusan akan diambil paling lambat pada 12 Juni mendatang.


"Kita bisa terima, bisa kita tolak. DPR juga punya hak penolakan," ujarnya.


Saat ini Mirza masih menjabat sebagai DGS BI, posisi yang sudah diembannya sejak tahun lalu. Posisi Mirza sedianya berakhir pada Juli 2014.


Sebelumnya, Mirza juga pernah menjabat sebagai Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan. Di perbankan, Mirza sempat berkarir sebagai Kepala Ekonom di Bank Mandiri.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!