Menghijau, IHSG Berhenti di 4.912

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 18 poin setelah melewati perdagangan yang fluktuatif. Investor asing masih banyak beli saham dengan transaksi beli bersih.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka melemah di posisi Rp 11.770 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan kemarin di Rp 11.600 per dolar AS.


Rupiah hari ini berlutut di hadapan dolar AS. Siang tadi dolar AS sempat menguat cukup tinggi hingga ke kisaran Rp 11.788 per dolar AS.


Mengawali perdagangan pagi tadi, IHSG naik 7,065 poin (0,14%) ke level 4.900,973 pasca banyaknya hari kejepit nasional (harpitnas) pekan lalu. Pelaku pasar masih menanti data ekonomi Indonesia yang diumumkan hari ini.


Setelah koreksi sehat pekan lalu, IHSG kembali menanjak atas aksi beli di saham-saham yang sudah turun. Indeks sempat jatuh ke titik terendahnya hari ini di 4.875,619.


Pada penutupan perdagangan sesi I, IHSG melemah 13,833 poin (0,28%) ke level 4.880,075 gara-gara aksi jual investor domestik. Pelaku pasar asing masih berburu saham, transaksinya beli bersih dengan nilai ratusan miliar rupiah.


Saham-saham komoditas, serta konstruksi dan infrastruktur, menjadi sasaran aksi jual. Sedangkan saham konsumer dan bank jadi incaran investor asing.Next


(ang/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!