Buka Banyak Rute di 2015, AirAsia Bidik Pertumbuhan Penumpang 10%

Jakarta -Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia menargetkan pertumbuhan penumpang 10% di 2015. Pada periode Januari-Agustus tahun ini jumlahnya sudah mencapai 5,3 juta penumpang domestik dan internasional.

Direktur Komersial AirAsia Indonesia Andi Adrian menuturkan, potensi layanan penerbangan di Indonesia masih sangat besar. Dari 250 juta jumlah penduduk, hanya 20% yang menggunakan layanan transportasi pesawat.


"Masih ada potensi yang belum digarap. AirAsia melihat bahwa masih banyak orang yang berpikir bahwa terbang itu bukan sesuatu yang mewah. Itu kita berikan transportasi jasa, menerbangkan mereka dari satu sisi ke sisi yang lain," kata Andi ditemui di Hotel Intercontinental, Jakarta, Senin (10/11/2014).


Andi mengatakan, AirAsia Indonesia masih menguasai pangsa pasar dalam negeri untuk rute internasional. Namun sayang dia tak menyebut berapa persentase pasar penerbangan internasional yang digarap AirAsia.


Dikatakan Andi, di tahun 2015 nanti, maskapai penerbangan murah atau low cost carrier (LCC) ini bisa mencapai pertumbuhan penumpang hingga 10% untuk rute domestik. Tahun ini, jumlah penumpang AirAsia periode Januari hingga Agustus mencapai 5,3 juta.


"Sekitar 10% lah kira-kira. Kalau internasional masih sama kita bakal yang terdepan," tuturnya.


Dia mengatakan, target tersebut ditopang dengan pembukaan rute-rute baru baik domestik atau ‎internasional yang baru diluncurkan. Di antaranya seperti Medan-Palembang, Medan-Yogyakarta, dan Surabaya-Lombok.


'Kita lepas rute-rute baru," tuturnya.


Sedangkan untuk rute internasional antara lain, Bali-Kota Kinabalu, Bali-Darwin, Semarang-Singapura dan Surabaya-Singapura.


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!