Sambil Berbisik, Menteri Susi Tagih Janji Ini ke Menteri Siti

Jakarta -Ada kejadian unik usai rapat koordinasi (rakor) menteri ekonomi Kabinet Kerja di kantor Menko Perekonomian, tiba-tiba Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengejar Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. Ada yang dibisikkan.

Setelah keduanya bertemu di pintu keluar gedung, sambil berbisik Susi menagih janji khusus kepada Siti Nurbaya, antara lain pengambilalihan kebijakan penyu.


"Untuk penyu katanya masih di-hold (ditahan) ya," kata Susi dengan suara lirih ke telinga Siti Nurbaya usai rapat yang dilakukan di Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (2/12/2014).


Mendengar jawaban itu, Siti Nurbaya berjanji akan mengecek ulang dan akan memberikan informasi perkembangan kepada Susi.


"Nanti saya cek ya, oke," jawab Siti Nurbaya.


Sebelumnya pada beberapa kesempatan, Susi mengungkapkan, ada beberapa kebijakan atau wewenang yang harusnya menjadi tanggung jawab KKP, tetapi justru menjadi tanggung jawab Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Seperti di bidang terumbu karang di laut.


Urusan terumbu karang justru ada di tangan Kementerian Kehutanan. Padahal seharusnya pengelolaan terumbu karang ada di bawah kementeriannya. Selain terumbu karang ada beberapa kebijakan lain seperti urusan penyu, ikan napoleon, hingga mangrove masih menjadi tanggung jawab Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.


(wij/dnl)