Menteri Susi Sebut Harga Kepiting Bertelur Lebih Mahal daripada Jantan

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan harga kepiting bertelur jauh lebih mahal dibandingkan kepiting jantan. Harga satu kepiting jantan hidup di tingkat pengepul hanya Rp 50.000/ekor, sedangkan satu kepiting bertelur dihargai Rp 100.000.

"Yang bertelur tidak boleh. Karena satu ekor itu Rp 100.000 kalau dibiarin jadi 5.000 ekor (telur), kalau yang tidak bertelur harganya hanya Rp 50.000," ungkap Susi saat ditemui di Sekolah Tinggi Perikanan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (20/01/2015).


Di tempat yang sama, Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Achmad Poernomo menambahkan, meski harganya beda namun secara rasa daging keduanya tak berbeda. Menurutnya yang membedakannya adalah soal telurnya.


"Sebenarnya rasa kepiting bertelur dan tidak bertelur itu hampir tidak ada bedanya. Telurnya lah yang membuat mahal," timpal Achmad.


Menurut Achmad secara nutrisi, kepiting bertelur memang memiliki jumlah kolesterol lebih banyak dibandingkan kepiting jantan.


Ia menambahkan mahalnya harga kepiting bertelur disebabkan permintaan yang cukup besar. Achmad mengatakan bagi konsumen tertentu ada sensasi yang berbeda bila memakan kepiting bertelur daripada yang jantan.


"Yang membuatnya mahal hanyalah sensasi saja," tukas Achmad.Next


(wij/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com