Agus Marto Digeser ke BI Bukan Karena Gagal Sebagai Menkeu

Jakarta - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menilai Menteri Keuangan Agus Martowardojo sudah berkinerja dengan baik selama masuk dalam jajaran kabinet. Meskipun ada beberapa asumsi makro tahun 2011 dan 2012 yang meleset dari target.

Hatta menganggap melesetnya Agus Marto dalam mencapai target tersebut karena pengaruh faktor eksternal. Oleh karena itu, penunjukkan Agus Marto sebagai calon Gubernur Bank Indonesia (BI) tidak ada hubungannya dengan melesetnya target asumsi ekonomi.


"Tidak menganggap orang itu gagal, banyak faktor yang menyebabkan meleset, faktor-faktor internal dan eksternal, explainable kita bisa jelaskan," ujar Hatta ketika ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (25/2/2013).


Meskipun demikian, Hatta menyatakan ada beberapa pencapaian Agus Marto dalam menjalankan kinerjanya. Seperti mampu mencapai pertumbuhan ekonomi peringkat dua dunia.


"Makro misalnya growth, growth kita bisa jelaskan, tapikan kita nomor dua dibandingkan China, setelah semua orang explainable, walaupun kita tidak bisa mencapai 6,5 persen," ujarnya.


Sementara, mengenai tidak terealisasinya belanja pemerintah 100 persen, Hatta menyatakan hal itu karena ada masalah internal di setiap kementerian yang menghambat penyerapan.


"Kalau kita misalkan kenapa spending kita tidak mencapai 90 persen terutama belanja modal ya kita lihat juga kementerian-kementerian penjagaan yang kuat dan baik APBN kita masing-masing dan anggaran masing-masing, ini tidak bisa dilihat itu satu orang saja," tandasnya.


(nia/dru)