Indonesia Butuh 1.500 Ton Daging/Hari di Tahun Ini

Jakarta - Konsumsi daging sapi penduduk Indonesia terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Menteri Pertanian Suswono mengatakan, setidaknya Indonesia membutuhkan 1.504 ton daging sapi per hari di tahun ini.

"Tahun 2013 kebutuhan daging kita per tahun itu 549 ribu/tahun. Jadi dibagi saja dengan 365 hari," cetus Suswono usai rapat koordinasi soal pengan di Kantor Menko Perekonomian Jakarta, Senin (25/2/2013).


Dari jumlah itu, Suswono menjelaskan, sebanyak 85% kebutuhan daging dipasok dari sapi lokal, sedangkan 15% lainnya adalah impor. Namun menurutnya, potensi sapi lokal harus lebih dioptimalkan terlebih dahulu, jika tidak cukup, impor diperbolehkan.


"Dari data para ahli itu menghitung sapi lokal bisa memasok 85%. Kita percaya hitungan itu. Kita optimalkan potensi lokal kalau tidak bisa ya boleh-boleh saja kita impor," katanya.


Tetapi Suswono berujar, dia bukan orang yang anti impor. Menurut Suswono, impor boleh saja dilakukan asalkan pasokan sapi lokal tidak mencukupi kebutuhan nasional.


"Tetapi dulu kita ingat kalau peternak dulu menangis nggak ada yang perhatikan. Sekarang konsumen menangis cepat reaksinya. Jadi jangan sampai petani menangis lagi. Importir itu hanya 67, sementara petani peternak itu 64 juta KK (kepala keluarga). Jadi itu yang saya kira saya membela petani dan peternak. Jadi importir harus ada empatilah kepada peternak. Di NTT dulu pernah sapi hidup dihargai Rp 16 ribu/kg. Sekarang sudah Rp30 ribu/kg sapi bobot hidup. Impor jalan terakhir. Saya bukan anti impor," ujarnya.


(wij/dnl)