Hatta Rajasa Beberkan Alasan SBY Tunjuk Agus Marto Jadi BI-1

Jakarta - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menegaskan terpilihnya Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur Bank Indonesia (BI) merupakan keputusan yang tepat. Sejauh ini hanya Agus Marto yang terbaik untuk menjadi calon BI-1.

"Kalau nanya pertimbangan semua aspek kita timbang, dari semua pertimbangan itu kesimpulannya yang terbaik ini yang dipilih," ujar Hatta ketika ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (25/2/2013).


Menurut Hatta, Agus Marto merupakan orang yang sangat paham dengan dunia perbankan dan sektor riil. Dia juga berpengalaman dalam mengikuti rapat-rapat dengan pemerintah, serta mengetahui masa transisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


"Saya tentu akan menyampaikan alasan yang normatif dan objektif, dia menguasai sektor perbankan dan riil, OJK dia juga ikut jadi memahami masa transisinya, juga karena selama ini kami lakukan rapat koordinasi dengan BI dan Menkeu dan sangat-sangat paham dengan kondisi itu," paparnya.


Hatta masih enggan mengungkapkan siapa calon Menteri Keuangan pengganti Agus Marto. "Sekarang kan dia masih Menkeu sebelum ditetapkan DPR menjadi Gubernur BI, sekarang tetap jadi Menkeu," tandasnya.


Untuk diketahui, Presiden SBY telah mengirimkan surat kepada DPR untuk menindaklanjuti nama Agus Martowardojo sebagai calon BI-1. SBY hanya mengirimkan satu nama tersebut.


(nia/dru)