Pengusaha Dukung Agus Marto Pimpin Bank Indonesia

Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto mendukung penuh pencalonan Menteri Keuangan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan Darmin Nasution. Agus dinilai memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia.

"Harapan kita harus manfaatkan momentum yang baik, dia (Agus) memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia," kata Bambang saat ditemu wartawan, di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (27/2/13).


Namun, Suryo mengungkapkan, hal itu perlu dikembalikan kepada Presiden sebagai hak prerogatifnya dan DPR yang akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Yang pasti, sambungnya, Gubernur BI nantinya harus paham dunia usaha dan bisnis.


"Pak Agus kompeten. Saya dukung-dukung saja, yang penting siapa pun yang terpilih harus paham betul dunia usaha dan bisnis," kata Bambang.


Seperti diketahui, Presiden SBY mengusulkan nama Menteri Keuangan, Agus Martowardojo sebagai calon tunggal posisi orang nomor satu BI. SBY telah menyampaikan surat penunjukan Agus Marto kepada DPR untuk sebelumnya dilakukan fit and proper test terlebih dahulu.


(dru/dru)