Kasus Kartel Bawang Putih, Suswono Sempat Tak Tahu Dipanggil KPPU

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono menegaskan sempat tidak tahu ada surat resmi dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait pemeriksaan dugaan kasus kartel bawang putih.

Suswono rencananya diperiksa oleh KPPU, Senin (22/4/2013) tidak memenuhi panggilan, pada saat itu justru melakukan perjalanan dinas ke Sudan.


"Saya berangkat Minggu dinihari (ke Sudan), sampai Jumat sore nggak ada surat dari KPPU di meja saya," ujar Suswono saat dimintai keterangan di Kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Senin (29/4/2013).


Ia menuturkan surat panggilan KPPU, baru ia terima ketika sudah terbang ke Sudan. "Baru tau setelah saya jalan," cetusnya.


Rencananya setelah ada jadwal ulang, ia akan bertemu dengan KPPU besok tanggal 30 April 2013. Suswono masih ragu-ragu apakah bisa menghadiri atau tidak karena adanya Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) yang dihadiri langsung oleh Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono.


"KPPU akan menjadwal ulang besok jam 10:00 pagi tetapi besok ada Musrenbangnas jadi kemungkinan besok jam 14:00. Apakah saya diizinkan Musrenbangnas saya nggak hadir sampai acara selesai? Pasalnya ada presiden di pembukaan dan penutupan oleh Wapres. Karena undangannya Mentan jadi harus saya yang datang," katanya.


Pemeriksaan yang akan dilakukan besok menurutnya terkait pengumpulan keterangan dugaan adanya kartel bawang putih. "Seingat saya mencakup bawang putih. Tentu saya siapkan soal importasi sepenuhnya saya sudah kuasakan ke Dirjen P2HP (Pengolahan dan Pengembangan Hasil Pertanian) secara teknis saya sudah serahkan," tegasnya.


(wij/hen)