Harga Daging Masih Rp 95 Ribu/Kg, SBY Beri Pesan ke Gita Wirjawan

Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengakui hingga kini harga daging sapi di pasar masih bertahan tinggi. Hal ini membuat Presiden SBY meminta kepadanya untuk melakukan apapun agar harga kembali normal.

Gita menuturkan harga daging sapi di Jabodetabek masih berkisar Rp 95 ribu-Rp 100 ribu per Kg. Sementara untuk daerah Bandung harga daging bertengger di angka Rp 90 ribu per kg, sedangkan untuk di Jogja harganya sudah di angka Rp 85 ribu per kg.


"Tentunya pesan bapak presiden (SBY) untuk lakukan apapun, dilakukan agar tercapai harga yang lebih rendah. Idealnya, harga daging sapi bisa seperti waktu di 2012 (Rp 70 ribu-75 ribu)," kata Gita saat konferensi persnya bersama Menteri Pertanian Suswono, di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (17/5/2013).


Gita mengatakan, pihaknya sudah berhasil mendapatkan solusi, termasuk akan dikeluarkannya beberapa peraturan kementerian pertanian dan perdagangan mengenai pengecualian tanpa kuota unutk impor daging kebutuhan hotel, restoran dan kafe (prime cut).


"Peraturan akan disambut dan sudah ditandatangani oleh Mentan (menteri pertanian). Dan saya juga sudah tandatangani," kata Gita.


Menurut Gita, semangatnya untuk membuka pintu pemasukan daging ke prime cut sudah tidak ada pengkuotaan lagi untuk tipe-tipe daging tersebut, jatah impor daging yang sudah dipotong tapi non prime cut, dan ketiga tentunya adalah akselerasi jatah sapi bakalan.


"Sedangkan untuk yang pertama tadi, yaitu kedatangan daging yang sudah dipotong dari luar. Itu hanya dibatasi lewat tiga titik saja yaitu bandara Soekarno Hatta, Ngurah Rai, dan Polonia. Saya minta izin penjelasan dari Mentan," tandasnya.


(hen/hen)