Aneka Paket Travel Umrah, Dari Termurah Hingga 'Bintang Lima'

Jakarta - Pebisnis travel agen berlomba-lomba menawarkan berbagai paket umrah untuk menarik pelanggan. Dari yang termurah sampai bintang lima.

Variasi paket umrah ini melayani permintaan layanan super mewah bagi mereka dengan dana berlebih maupun yang hanya sekadar bisa menyentuh Ka’bah. Apa saja variasi paket umrah yang disediakan agen travel di bawah Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita)?


Koordinator Pengembangan Usaha Asita Jakarta Pauline Suharno menyebutkan, ada beberapa variasi paket umroh untuk melayani masyarakat yang ingin pergi ke tanah suci Makkah. Mulai dari yang budget, standar sampai hotel bintang lima.


“Variasi sama juga seperti haji ada yang budget, standar, ada juga bintang lima plus,” ujar Pauline kepada detikFinance, di Jakarta pekan lalu seperti dikutip, Senin (22/7/2013).


Dia menjelaskan, untuk paket umroh kelas budget (murah) dibanderol dengan harga Rp 10 juta dengan layanan tinggal di masjid-masjid atau guest house selama tinggal di Makkah. Selain itu, makanan yang disediakan hanya nasi kotak atau lunch box dan lamanya waktu umroh hanya 7 hari.


“Kalau yang bugdet 7 hari dan juga makanannya kalau yang budget dikasih nasi kotak, lunch box, dengan Rp 10 juta sudah bisa umroh tapi memang tinggalnya di masjid lah atau di guest house selama tinggal di sana,” ujarnya.


Sedangkan untuk paket umroh kelas standar dihargai Rp 12-15 juta. Paket ini biasanya banyak diminati masyarakat karena harga terjangkau namun juga memiliki tingkat kenyamanan selama di tanah suci Makkah.


“Yang standar malah banyak dalam arti kata yang nggak terlalu budget dan nggak terlalu premium. Kalau standar bisa Rp 12-15 juta pokonya asal pergi dulu karena mereka juga mempertimbangkan selama ada di sana, mereka mempertimbangkan kenyaman karena mau beribadah,” katanya.


Selain itu, paket umroh standar ini menyediakan fasilitas hotel bintang 3 untuk tempat tinggalnya. Dari segi makanan juga, masih disediakan makanan restoran walaupun sederhana.


“Tinggalnya di guest house kan kalau budget, nah kalau yang standar tinggalnya di hotel bintang 3. Makanannya juga masih di restoran tapi juga yang sederhana, misalkan sekali makan nasi goreng sama yang kebab gitu aja,” ujar Pauline.


Sementara untuk paket umroh premium atau bintang lima dipatok dengan harga Rp 30 juta dengan waktu umroh selama 14 hari. Seperti judulnya bintang lima, paket ini memfasilitasi pelanggannya untuk tinggal di hotel bintang lima selama di tanah suci Makkah.


“Ada juga bintang lima plus yang tinggalnya di hotel-hotel yang bagus. Kurang lebih biayanya US$ 3000, jadi hampir Rp 30 juta ya jadi memang yang fasilitasnya bagus yang memang makanannya lebih bagus, 10 hari biasanya sampai 14 hari,” terangnya.


Selain fasilitas yang super mewah, paket umroh premium ini juga punya tambahan fasilitas lain yaitu paket jalan-jalan dan shopping day.


Plus extention trip ditambah shopping day, plus dengan tour ke Eropa, Turki atau negara-negara sekitar Middle East (Timur Tengah). Selain itu kalau yang bintang lima makannya di restoran,” kata dia.


(ang/ang)