Dari 3.000 Ton, Bulog Baru Datangkan 57 Ton Daging Beku Asal Australia

Jakarta - Pemerintah telah menugasi Perum Bulog untuk menstabilkan tingginya harga daging dan memberikan jatah atau kuota impor 3.000 ton daging dari Australia. Sampai saat ini, Bulog baru bisa mendatangkan 57 ton.

"Informasi kedatangan daging sapi beku milik Bulog sampai tanggal 23 Juli hari ini sudah 57 ton dengan menggunakan via udara," kata Menurut Dirjen Perdagangan Luar Negeri Bachrul Chairi saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (23/7/2013).


Kementerian Perdagangan mengharapkan Bulog dapat mendatangkan daging beku 750 ton hingga 2 Agustus 2013 via udara dan 570 ton via laut.


"Kemudian dari tanggal 25 Juli sampai 2 Agustus itu 750 ton. Sedangkan tanggal 25 Juli juga akan datang 570 ton daging Bulog melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Sisanya masih dalam proses negosiasi kedatangan di Indonesia. Total yang sudah kita peroleh cukup signifikan," imbuhnya.


Sementara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina mengungkapkan, penyerapan daging beku milik Bulog sampai hari ini tercatat sudah 30 ton. Penyerapan tertinggi terjadi di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur.


"Ada informasi operasi pasar daging kita oleh Bulog, sudah didistribusikan 30 ton, baik untuk pasar tradisional yang paling banyak menyerap itu Pasar Jatinegara. Kemudian kemarin Artha Graha Peduli juga ada 7 ton daging yang sudah menyerap. Dan hari ini akan dipasarkan 12 ton daging," jelas Srie.


(wij/dnl)