KA Ekonomi AC Rute Merak-Madiun Diresmikan

Jakarta - Pemerintah siap mengoperasikan dua rangkaian kereta api ekonomi AC KA Krakatau dengan rute Merak-Madiun. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi dengan jarak yang jauh.

Peresmian dilakukan oleh Menteri Perhubungan Evert Erents Mangindaan di stasiun Merak, Banten, Rabu (24/7/2013). Kemudian juga hadir Gubernur Banten Ratu Atut Khosiah dan Direktur Utama PT KAI (persero) Ignasius Jonan.


"Ini kita resmikan sekaligus melihat operasional perdana dari Merak ke Madiun dan sebaliknya dalam waktu yang sama," kata Mangindaan dalam sambutannya.


Masing-masing rangkaian, terdiri dari 8 unit (gerbong) kereta ekonomi AC dan 1 kereta makan pembangkit. 1 rangkaian memiliki kapasitas 768 tempat duduk.


Selain itu, kereta ini nantinya juga tersedia fasilitas untuk penyandang ketunaan dan lansia. Dikhususkan 2 unit dengan kapasitas 128 tempat duduk.


Gubernur Banten Ratu Atut menambahkan, kereta api ini sangat membantu masyarakat dari wilayah Sumatera yang sebelumny menggunakan transportasi laut.


"Jadi masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut dari Lampung atau Palembang, kemudian langsung bisa mengakses transportasi kereta. Merak ke Pasar Senen, Purwokerto dan Madiun," ujarnya dalam kesempatan yang sama.


(dru/dru)