Bikin Bandara Kebun Binatang, Apakah Binatangnya Tidak Stress?

Ayunda W. Savitri - detikfinance


Jambi -Rencana pembangunan bandara berkonsep kebun binatang (zoo airport) di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, Jambi menimbulkan pertanyaan. Utamanya adalah, apakah binatangnya tidak stress dengan banyaknya pesawat yang lalu lalang?

General Manager Bandara Sultan Thaha Syaifuddin yaitu Dorma Manalu mengatakan, hewan-hewan tidak akan stress, karena akan dipilih binatang-binatang yang bisa bersosialisasi.


"Menurut saya nggak. Binatangnya ya tentu bukan harimau, tapi kayak kuda atau rusa yang bisa mudah bersosilisasi. Rusa di Bogor dan di Monas ada nggak stress?" kata Dorma di bandara tersebut, Jambi, Selasa (22/4/2014).


Dorma mengatakan, nanti akan ada ahli kebun binatang yang mengatur konsep bandara kebun binatang ini. Nanti akan dilakukan kesepakatan pengembangan bandara antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Angkasa Pura II. Kemudian interior bandara juga akan dibuat bernuansa hewan.


Konsep bandara kebun binatang ini dibuat bersamaan dengan pembangunan terminal baru di bandara tersebut.


Rencananya terminal baru dan bandara berkonsep kebun binatang ini akan diluncurkan pada 1 November 2014. "Sampai semua selesai memakan sekitar Rp 400-an miliar," imbuh Dorma.


Untuk kebun binatangnya, saat ini sudah ada yang sudah jadi. Terminal baru ini akan memiliki 1 landasan dan 2 taxiway, dan ditargetkan bisa menampung 1-1,5 juta penumpang per tahun.


Alasan penambahan kapasitas ini adalah, karena jumlah penumpang di bandara tersebut mencapai 1,3 juta tahun lalu. Maskapai penerbangan juga makin banyak, antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Susi Air, Citilink, dan Sriwijaya Air.


Tiap hari jadwalnya akan ada 13 pesawat yang datang dan 13 pesawat yang pergi dari bandara tersebut. "Garuda 3 kali sehari, Lion 6 kali sehari, Sriwijaya 3 kali sehari, dan Citilink 1 kali sehari," jelas Dorma.


Bandara ini, ditargetkan bakal digunakan 5 juta penumpang pada 2017 atau 2018 nanti. Untuk peluncuran atau grand launching bandara ini akan dilakukan pertengahan 2015, dan ultimate launching akan dilakukan 2017.




Foto: Terminal Baru Bandara Jambi


Foto: Terminal Baru Bandara Jambi





(dnl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!