Duh, Masih Ada PNS yang Cuma Bermodal Ijazah SD

Jakarta -Hingga akhir 2013, masih ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berpendidikan Sekolah Dasar (SD). Jumlahnya 70.530 orang, atau 1,58% dari total jumlah PNS per 2013 sebanyak 4,46 juta orang.

Dari data Badan Kepegawaian Negara (BKN), PNS yang berpendidikan akhir SD punya komposisi 4.350 perempuan dan 66.170 laki-laki. Bahkan PNS yang lulusan SD ini lebih banyak dibandingkan lulusan D1 yaitu 66.590 orang.


Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Suwardi menuturkan, PNS berpendidikan SD yang ada saat ini merupakan bagian kecil dari warisan masa lalu.


"Ini merupakan peninggalan terdahulu, karena zaman dulu kebutuhan PNS tidak seperti sekarang sehingga persyaratannya pun tidak ketat. PNS juga tidak semenarik sekarang, yang dibuka ratusan ribu yang daftar ratusan juta. Makanya zaman dulu lebih mudah jadi PNS," papar Suwardi kepada detikFinance, akhir pekan lalu.


Suwardi menuturkan jumlah PNS lulusan SD tidak bertambah bahkan terus berkurang karena ada yang pensiun. "Sisanya ada yang sudah sekolah lagi sehingga pendidikannya lebih tinggi," ujarnya.


Selain berkurang secara alamiah, kata Suwardi, aturan pemerintah dan meningkatnya kebutuhan kualitas abdi negara membuat pembukaan pendaftaran CPNS dewasa ini tak lagi menyediakan lowongan untuk mereka yang berpendidikan SD. "Sekarang yang dituju lebih ke kualitas sehingga yang lulusan SD tidak ada lagi lowongan," sebutnya.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!