Peralatan Digarong, Listrik PLN Kerap Terganggu

Jakarta -Aksi nakal orang tak bertanggung jawab kerap menimpa fasilitas kelistrikan milik PT PLN (Persero). Jaringan kelistrikan PLN seperti tiang Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) menjadi sasaran aksi pencurian.

Akibat aksi pencurian ini, tower bisa roboh dan listrik terputus. Ini yang terjadi di Garut (Jawa Barat) beberapa hari lalu.


"Dampaknya pasti terganggu penyaluran listrik yang sebabkan pemadaman. Seperti kemarin di Garut, itu sempat padam juga," kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwi kepada detikFinance, akhir pekan lalu.


Aksi garong di Garut, lanjut Bambang, menyebabkan kerugian yang cukup besar. "Kalau kemarin saya lihat di laporan ke polisi. perkiraan Rp 1,5 miliar," ujarnya.


Menurut Bambang, garong SUTET kerap kali beraksi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. "Sering terjadi pencurian terutama di Jabar, Jateng, dan Jatim. Di Jawa, tower-nya tinggi dan dayanya 500 KV," sebutnya.


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!