KAI Raup Rp 1,3 Miliar/Bulan dari Parkir di Gambir

Jakarta -Pendapatan PT Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini terus meningkat. Dalam 5 tahun terakhir, KAI memaksimalkan tarif-tarif di sekitar stasiun.

Contoh saja untuk parkir di Stasiun Gambir. Direktur Utama KAI Ignasius Jonan mengatakan, saat dirinya pertama kali menjadi Dirut di 2009, pendapatan parkir dari Stasiun Gambir adalah Rp 3 miliar per tahun.


“Sekarang pendapatan parkir kami Rp 1,3 miliar per bulan di Gambir. Mayoritas parkir di stasiun dikelola oleh anak perusahaan kami,” ujar Jonan saat bertemu detikFinance di Stasiun Gambir, Senin (8/9/2014).


Tak hanya parkir, tarif sewa kios atau toko di Stasiun Gambir juga naik dalam 5 tahun terakhir ini.


“Dulu saya baru masuk, sewa di Gambir Rp 50 ribu per meter persegi, sekarang Rp 500 ribu per meter persegi,” jelas Jonan.


Tahun ini, KAI menargetkan pendapatannya mencapai Rp 11 triliun, naik dari realisasi di 2013 yang sebesar Rp 8,7 triliun.


BUMN ini juga menargetkan labanya bakal mencapai Rp 750 miliar di tahun ini. Naik dari pencapaian di 2013 yang mencapai Rp 565 miliar.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!