Tahun Depan Mobil Menteri Diganti Mercy, Menkeu: Lebih Murah

Jakarta -Kementerian Sekretariat Negara telah menetapkan PT Mercedes-Benz Indonesia sebagai pemenang lelang pengadaan mobil untuk menteri. Artinya, tahun depan mobil yang akan digunakan menteri adalah Mercedes-Benz menggantikan Toyota Crown Royal Saloon.

Menteri Keuangan Chatib Basri berpendapat harga mobil Mercedes-Benz jauh lebih murah dibandingkan Toyota Crown.


"Mercy dibanding (Toyota Crown) ini jauh lebih murah dong. Iya jauh," kata Chatib saat ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (9/09/2014).


Mengapa jauh lebih murah? Chatib beralasan mobil pabrikan asal Jerman ini sudah dibuat di dalam negeri. Sementara Toyota Crown harus diimpor secara utuh (complete built-up) sehingga dikenakan pajak tambahan. Ini yang membuat harganya jauh lebih mahal.


"Ini kan namanya impor, jadi impor duty-nya untuk mobil berapa sekarang. Kamu cek saja, kalau itu gampang lihat ke toko mobil. Mercy itu sudah dibikin di sini," imbuhnya.


Selain Mercedes-Benz, Chatib juga menyebut merek mobil lain seperti BMW yang sudah dibuat di dalam negeri sehingga tidak ada bea masuk.


"Mercy itu sudah dibikin di sini. Mercy, BMW, dan berapa lagi mobil sudah dibikin di Indonesia. Jadi lebih murah mestinya," tuturnya.


(wij/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!