Aktivitas Sudirman Said, Mulai dari Nyekar di Kalibata Sampai Pimpin Tim Krisis Listrik

Jakarta -Hari ini, Menteri ESDM Sudirman Said memulai aktivitas dengan berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Memperingati Hari Pahlawan 10 November, Sudirman berdoa dan melakukan tabur bunga di sana.

Usai dari Kalibata, Sudirman mengikuti rapat dengan para menteri ekonomi lainnya di Kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Hadir juga dalam rapat tersebut Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, serta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.


"Rapat tadi membentuk satuan tugas atau tim khusus percepatan pembangunan listrik nasional atau tim untuk mengatasi atau menghindari krisis listrik. Menteri ESDM akan memimpin tim itu," ungkap Sudirman di kantor wapres, Jakarta, Senin (10/11/2014).


Menurut Sudirman, praktis hanya Pulau Jawa yang agak aman dari krisis listrik. Sementara daerah-daerah lain potensinya sangat tinggi mengalami krisis.


"Jawa masih sedikit aman, tapi Sumatera marjinal. Tipis sekali. Indonesia timur bahkan negatif," katanya.


Salah satu upaya yang akan dilakukan oleh tim khusus tersebut, lanjut Sudirman, adalah penyederhanaan prosedur untuk pembangunan pembangkit listrik. Dia menilai, kuncinya adalah penyederhanaan prosedur.


"Pangkas perizinan dan dokumen-dokumen yang tidak perlu. Tadi juga dapat support dari kementerian terkait seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Keuangan, Kementerian ESDM, serta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup," jelas Sudirman.


Pemerintah, tambah Sudirman, ingin menciptakan iklim yang kondusif bagi investasi di bidang energi, khususnya kelistrikan. Ke depan, pemerintah juga ingin ada industri komponen kelistrikan bisa berkembang di dalam negeri.


"Harus dibangun kemampuan industri dalam negeri seperti komponen. Harus dibangun," tegasnya.


(rrd/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!