Di Depan 300 CEO, Jokowi Beberkan Tol Laut dan Rencana Transportasi Massal di 6 Kota

Beijing -Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan rencana membangun sistem transportasi massal di enam kota besar Indonesia saat berkunjung ke Beijing, Tiongkok. Pembangunan dimulai di Jakarta.

"Kami berniat membangun transportasi massa di enam kota besar di Indonesia. Kami sudah memulainya di Jakarta tahun lalu," katanya.


Hal ini disampaikan Jokowi di acara CEO Summit APEC di CNCC, Beijing, Tiongkok, Senin (10/11/2014).


Presentasi yang disampaikan Jokowi berlangsung selama 14 menit tepatnya. Jokowi berbicara sambil menampilkan slide gambar sesuai konteks yang dibicarakan.


"Selanjutnya kami ingin membangunnya di Medan, di Makassar, di Semarang, di Bandung, di Surabaya.


Para CEO yang hadir di acara ini jumlahya sekitar 300 yang berasal dari negara-negara APEC. Tidak ada tanya jawab dalam acara yang dipandu oleh Bos Sinar Mas Franky Oesman Widjaja.


Namun Jokowi mengajak para CEO tersebut untuk memanfaatkan rencana pengembangan transportasi massa ini untuk berinvestasi. Pasalnya, dana milik pemerintah terbatas dan sangat butuh bantuan swasta.


"Jadi, ini adalah kesempatan bagi Anda sekalian. Karena Anda sekalian tahu dana pemerintah kami terbatas," ujarnya.


Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga membeberkan program Tol Laut yang melibatkan banyak pembangunan infrastruktur. Menurutnya, Indonesia akan membangun 24 pelabuhan dalam lima tahun ke depan.


"Seperti Anda sekalian ketahui, kita punya 17.000 pulau. Makanya kita butuh banyak pelabuhan. Ini juga jadi kesempatan bagi Anda, 24 pelabuhan tepi dan tengah laut," ujarnya.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!