Kali Pertama dalam Sejarah RI, di Era Jokowi Jabatan Dirjen Pajak Dilelang!

Jakarta -Untuk kali pertama, jabatan unit eselon I Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan akan dilelang. Bagi siapa saja yang ingin mendaftar, harap segera mempersiapkan dirinya.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Kiagus Badaruddin saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (10/11/2014).


Proses pendaftaran akan diumumkan pada situs resmi Kemenkeu. "Dalam 2 hari ke depan sudah diumumkan," sebutnya.


Pengumuman akan mencakup persyaratan pendaftaran untuk menjadi Dirjen Pajak. Mulai dari pendidikan hingga pengalaman kerja. Diharapkan calon yang mendaftar pernah berkecimpung di dunia perpajakan.


"Nanti tunggu pengumuman. Syarat pokoknya ada pendidikan S2, dan harus punya pengalaman di bidang perpajakan," jelas Badaruddin.


Sementara dari proses administrasi akan berlanjut ke tahapan seleksi. Proses seleksi akan dilakukan oleh panitia dari internal Kemenkeu dan eksternal.


"Dari internal ada Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo sebagai ketua. Saya sebagai wakil ketua," katanya.


Saat ini, Fuad Rahmany masih menjabat sebagai Dirjen Pajak. Namun dalam waktu dekat, Fuad akan memasuki masa pensiun.


Sebelum menjadi Dirjen Pajak, Fuad sempat menjabat sebagai Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan. Fuad mulai menjadi Dirjen Pajak pada 2011. Kala itu, Fuad menggantikan M Tjiptardjo yang memasuki usia pensiun.


Fuad memperoleh gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia. Kemudian Fuad mengambil program Master of Art dari Duke University, Amerika Serikat (AS) dan lulus pada 1987. Selanjutnya, Fuad mengambil program doktoral di Vanderbilt University, Tennesee, AS.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!