Yakinkan Investor, Jokowi Janjikan Kemudahan Pembebasan Lahan Proyek Tol

Beijing -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti persoalan pembebasan lahan yang sulit dalam setiap pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan jalan bebas hambatan (tol). Ia berjanji dalam periode pemerintahannya persoalan pembebasan lahan bisa segera diatasi.

Menurut Jokowi, Indonesia sangat tertinggal dalam pembangunan tol, karena hanya berapa kilometer dibangun dalam sekian tahun, akibat masalah pembebasan lahan. Ini terjadi karena selama ini investor dibiarkan sendiri, kalau ada masalah tidak pernah dibantu.


"Oleh sebab itu untuk urusan pembebasan lahan saya akan perintahkan langsung kepada menteri, kepada gubernur, kepada wali kota, untuk ikut campur di dalam membantu pembebasan lahan setiap proyek-proyek yang ada," kata Jokowi‎ Minggu (9/11/2014) dalam acara pertemuan pengusaha Indonesia dan Tiongkok di Hotel Kempinski, Beijing. Acara ini dihadiri 300 pengusaha.


Jokowi mencontohkan, proyek pembangunan tol di Jakarta Jakarta Outer Ring Road yang sudah 15 tahun terkendala gara-gara hanya 1,5 kilometer lahan yang belum terbebaskan dari 143 keluarga. Namun masalah itu tuntas, setelah ia turun tangan ketika masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.


"Tahun yang lalu saya datangi langsung ke bawah. 4 kali saya undang makan, akhirnya selesai masalah itu. Rampung. Hanya dalam waktu 4 bulan. Tapi proyek itu sudah berhenti 7 tahun. Dan 6 bulan yang lalu sudah digunakan," kata Jokowi.


Ia menegaskan masalah seperti ini tidak boleh lagi terjadi di masa yang akan datang. Menurutnya investasi di jalan tol, power plant, baik apapun yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi, apapun yang berkaitan dengan pembukaan lapangan pekerjaan, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah daerah harus semuanya membantu.


"Ini tekad kita agar pertumbuhan ekonomi kita ke depan bisa kembali tumbuh dengan baik," tegas Jokowi.


(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!