Temui Jokowi, Pimpinan BPK Serahkan Hasil Audit Keuangan Negara

Jakarta -Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sore hari ini mendatangi Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta. Pertemuan ini direncanakan berlangsung tertutup.

Terlihat hadir memasuki area istana, Ketua BPK Harry Azhar Azis dan Anggota BPK Achsanul Qasasi. Saat dicegat wartawan sebelum pertemuan, Harry menjelaskan, dirinya akan menyerahkan hasil audit Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) I tahun 2014.


"Kita akan menyampaikan seperti yang di DPR kemarin," kata Harry kepada awak media, Rabu (3/12/2014).


BPK, kata Harry, akan meminta Jokowi menindaklanjuti hasil audit dan rekomendasi yang diberikan BPK. "Kita minta Pak Jokowi untuk tindaklanjuti," jelasnya.


Sehari sebelumnya, BPK di depan DPR melaporkan temuan 14.854 kasus penggunaan anggaran yang tidak sesuai aturan. Di antaranya ada 4.900 kasus yang berpotensi menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 25,74 triliun.


BPK juga menemukan ketidakpatuhan lain. Setidaknya ada 2.802 kelemahan administrasi dan 621 kasus senilai Rp 5,13 triliun. Temuan ini merupakan aktivitas dari ketidakhematan, ketidakefisienan, dan ketidakefektifan.


(feb/dnl)