Perluas Terminal 3 Bandara Soetta, AP II Gelontorkan Rp 4,7 Triliun

Tangerang - PT Angkasa Pura II (Persero) mulai meresmikan pembangunan perluasan terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hari ini, AP II menandatangani perjanjian kerjasama atau MoU pengembangan perluasan terminal 3 atau T3 Ultimate, dengan menggandeng 10 kontraktor yang tergabung dalam konsorsium kontraktor Kawahapejaya Indonesia.

Untuk pengembangan T3 Ultimate, yang masuk program grand design Bandara Soetta ini, AP II siap menggelontorkan investasi mencapai Rp 4,7 triliun.


"Diprediksi proyek ini selesai dan dapat dioperasikan pada awal 2015. Pendanaan proyek ini berasal dari internal dan pinjaman perbankan yakni BRI, Mandiri dan BNI," tutur Dirut AP II Try Sunoko saat memberikan sambutan di acara MOU Pengembangan T3 Ultimate di Kantor Pusat AP II Cengkareng, Tangerang, Senin (18/3/2013).


Saat ini, terminal 3 Bandara Soetta mampu menampung 4 juta penumpang per tahun, kemudian setaleh program pengembangan T3 Ultimate yang selesai pada Juli 2015, terminal 3 akan mampu menampung 25 juta penumpang per tahun.


"Selesai pengerjaan pengembangan ini akan menjadikan luas area bangunan terminal mencapai 354.000 m2, lahan parkir 88.000 m2, dan VIP 7.000 m2," tambahnya.


Kontraktor konsorsium yang terlibat dalam MoU ini, antara lain, gabungan perusahaan bidang kontruksi dan desain seperti PT Wika Tbk, PT Waskita Tbk, PT Pembangunan Perumahan Tbk, PT Jaya Teknik, PT Indulexco, PT GMDI, PT Atelier 6 Arsitek, Woohead dan Aecum & Kontraktor Hyundai.


Try Sunoko pada kesempatan ini, mengaku optimis pengembangan T3 Ultimate bisa selesai tepat waktu karena dikerjakan secara keroyokan oleh kontraktor yang berpengalaman.


(feb/dru)