Wijaya Karya Siap Bangun Jalan, Rumah Sakit dan Sekolah di Irak

Jakarta - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) siap menyusul langkah PT Pertamina yang akan melebarkan sayapnya di Irak. WIKA, siap masuk ke negara pasca konflik ini, untuk membangun infrastruktur jalan, sekolah, rumah sakit dan perumahan yang telah hancur.

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama, WIKA Bintang Perbowo di kantor pusat AP II Cengkareng, Senin (18/3/2013).


"Ya bangun, fasilitas rumah sakit, perumahan, sekolah, yang hancur kemaren, jalan juga," tutur Bintang.


Selain ekspansi ke negara timur tengah ini, WIKA juga siap mendukung rencana bisnis Pertamina yang akan melakukan eksplorasi penambangan minyak di Irak.


"Kalau Pertamina sudah dapet ladang minyak disana, nanti fasilitas infrastruktur, kita yang kerjain, kalau kita yang kerjain, kita nanti dibayarnya oleh pemerintah Irak melalui Pertamina," tambahnya.


WIKA sendiri telah mengirim tim ke Irak bersamaan dengan kunjungan Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajara pekan lalu.


Selain di Irak, WIKA juga dalam waktu dekat akan menggarap proyek properti di negara Aljazair senilai Rp 500 miliar. Namun, Bintang mengaskan, pihaknya memang sangat berhati-hati ketika melakukan ekspansi ke luar negeri.


"Di luar negeri, kita harus hati-hati, soal undang-undangnya, perpajakannya, banyak negara-negara disana (target ekspansi), gak ada tax treaty, kita gak bisa kirim uang dari sana ke sini. Kita harus hati-hati," cetusnya.


(feb/dru)