Banyak Blackberry Ilegal, Gita Wirjawan: Saya Nggak Pakai BB Lagi

Jakarta - Menteri Perdaganan Gita Wirjawan sepertinya kesal dengan maraknya telepon selular merek BlackBerry (BB) di Indonesia. Dia mengaku tak lagi menggunakan BB sebagai alat telekomunikasi, meski sedang tren di Indonesia saat ini.

"Saya enggak pakai BB lagi. Saya enggak pakai BB, mau pakai barang yang lain," kata Gita menjawab soal maraknya BB ilegal di Indonesia. Gita ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (27/5/2013).


Gita menambahkan, pihak Kemendag bersama pihak terkait tengah menelusuri 3 importir resmi Blackberry, terkait banyaknya Blackberry ilegal.


"Lagi ditelusuri. Akan kita sanksi jika memang terbukti. Rembesan bisa dari siapa saja. Datang dari negara tetangga kita merembes ke sini. Kan banyak. Dan ini banyak HP-Hp yang sudah datang, nomor IMEI-nya belum datang. IMEI jadi bagian yang didaftar ke operator, produk ilegal tidak bisa hidup," ujarnya.


Sebelumnya, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan melakukan inspeksi mendadak barang-barang elektronik seperti handphone di ITC Roxy Mas, Jakarta Pusat pada 8 Mei 2013 lalu. Dari hasil sidak tersebut, banyak ditemukan handphone ilegal seperti BlackBerry Z10 dan Q10 yang tidak memiliki kartu garansi dan tidak berbahasa Indonesia.


(dnl/dnl)